Wabup Suyono Inginkan Penyampaian Informasi PPID Gamblang

  Selasa, 24 September 2019   Dwi Ariadi
Uji Publik Keterbukaan Informasi di Hotel Dewi Ratih. Selasa (24/9/19)

BATANG KOTA, AYOBATANG.COM -- Sebagai komitmen Pemkab  Batang terhadap keterbukaan informasi publik, Wakil Bupati Batang (Wabup) Suyono menghadiri Uji Publik Keterbukaan Informasi  di Hotel Dewi Ratih. Selasa (24/9/19).

Dalam paparannya, Wabup Suyono menyampaikan, Uji Keterbukaan Informasi ini merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Publik.
Sebagai lembaga yang ada di kabupaten, kata Wabup, berkewajiban untuk meneruskan sampai ke tingkat desa atau  Petugas Pengelola dan Informasi Dokumentasi (PPID).

"Saya berharap dari acara uji publik ini dapat meningkatkan sumber daya manusia para pelaksana PPID yang nantinya dapat memberikan informasi yang informatif kepada masyarakat luas,"kata Wabup.

Menurut dia, informasi internal,  eksternal dan anggaran harus disampaikan secara gamblang dan semaksimal mungkin terbuka.

Sebab, informasi ini sangat penting untuk sampai ke masyarakat terlebih tentang tentang pembangunan yang ada masing-masing daerah serta karya-karya masyarakat.

Suyono mengharapkan, agar PPID yang berintegritas dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, akurat dan akuntabel untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat.  Sebagai individu  pengelola PPID juga harus aktif dalam memberikan informasi kepada masyarakat secara berkala.

"Uji publik Ini merupakan bagian dari komitmen kami dalam melayani masyarakat secara mudah, murah, cepat dan transparan,” tandas Suyono

Sementara Kepala Diskominfo, Jamal Abdul Nasir mengatakan, Uji Keterbukaan Informasi Publik ini meruapakan hasil akhir dari evaluasi keterbukaan informasi publik. Uji publik dilakukan dua tempat yang berbeda namun masih satu lingkup. Untuk 10 badan publik perangkat daerah di ballroom dan 10 badan publik  perangkat desa di aula hotel.

"Pemisahan ini terkait perbedaan inovasi sesuaindengan fungsinya  antara perangkat  daerah dan badan publik perangkat desa". Jelasnya.

Ia juga menambahkan, uji publik badan publik perangkat daerah terdiri dari unsur pimpinan badan publik di lingkungan Pemkab Batang yakni Sekda Nasikhin, Pengawas Keterbukaan Informasi Publik Daerah, Aminudin, Dekan Fakultas Hukum Unikal Nurul Huda.

Sedangakan tim penilai uji publik badan publik desa ada Asisten 1 Dr Retno,  Joko Sulistiyo dari Dispermades Jateng dan dari kalangan masyarakat pemerhati keterbukaan informasi publik.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->