34 Desa Sukses Gelar Pilkades Tanpa Politik Uang

  Senin, 30 September 2019   Dwi Ariadi
Bupati Batang Wihaji bersama Kepala Biro Pengendalian Operasional Polda Jateng Kombes Pol Hariyanto dan Kapolres AKBP Edi Suranta Sinulingga meninjau pelaksanaan pilkades.(Dwi Ariadi/Ayobatang.com)

LIMPUNG, AYOBATANG.COM--  Sebanyak 34 desa di Kabupaten Batang sukses melaksanakan Pilkades tanpa politik uang, Minggu (29/9/2019).

"Pemilihan kepala desa tanpa politik uang merupakan gerakan moral dari masyarakat di 34 desa, ke depan Pemkab akan berpikir lebih mengapresiasikannya, sehingga desa lain bisa melaksanakan hal yang sama," kata Bupati Batang Wihaji saat meninjau Pilkades di Desa Kepuh Kecamatan Limpung.

Ia mengatakan bahwa gerakan moral tanpa politik uang sebagai formula langkah awal, yang diharapkan menjadi contoh desa lainnya.
Hal ini agar politik uang tidak membudaya.

"Semoga yang terpilih bisa melaksanakan tugas dengan amanah, dan manfaat bagi desanya," kata Wihaji.

Dalam pemilihan pilkades serentak 2019 merupakan tahap ketiga, dengan jumlah desa yang melaksanakan pemilihan sebanyak 205 desa.
 
Kepala Biro Pengendalian Operasional Polda Jateng Kombes Pol Hariyanto mengatakan, dari pemantauannya bersama Bupati Wihaji dan Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga yang meninjau langsung di Desa Ujungnegoro Kecamatan Kabdeman, Desa Kemisiri Barat Kecamatan Subah, Desa Kepuh Kecamatan Limpung, hasil sementara masih aman dan kondusif. 

"Di Desa Ujungnegoro data pemilih sampai 5.000 lebih dan berlangsung aman," jelasnya.

Ia juga mengatakan di 34 desa yang komitmen tanpa politik uang sesuai pantauan di lapangan belum ada temuan, Polres Batang sudah menerjukan tim satuan tugas anti money politik dan satgas anti botoh.

"Untuk saat ini belum ada temuan kasus money politik maupun bobotoh, semoga sampai penghitungan dan pelaksnaaan pelatikan pilkades bisa berjalan kondusif dan aman," jelas Kombes Pol Hariyanto.

Adapun 34 desa yang tanpa money politik yakni Kecamatan Gringsing : Desa Yosorejo, Desa Tedunan, Desa Ketanggan, Desa Plelen, Desa Kebondalem. Kecamatan Reban : Desa Reban, Desa Sukomangli, Desa Tambakboyo, Desa Pacet, Desa Ngadirejo, Desa Mojotengah, Desa Kalisari.Kecamatan Bawang : Desa Candirejo dan Desa Pangempon. Kecamatan Pecalungan : Desa Pecalungan, Kecamatan Wonotunggal : Desa Sodong, Desa Kreyo, Desa Kemligi, Desa Silurah, Desa Brokoh, Desa Dringo,
Kecamatan Bandar : Desa PesalakanKecamatan Blado : Desa Bismo, Kecamatan Limpung : Desa Kepuh, Kecamatan Subah : Desa Kemiri Barat, Desa Mangunharjo, Desa Jatisari.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->