HUT ke-21 SMPN 8 Batang, Wakil Bupati Suyono Sumbang Pakaian Pantas Pakai

  Senin, 06 Januari 2020   Dwi Ariadi
Wakil Bupati Batang Suyono membuka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-21, SMP Negeri 8 Batang yang dimeriahkan bazar murah, khatmil Qur'an 30 juz dan lomba kebersihan, Selasa (6/1/2020). (Ayobatang.com/Dwi Ariadi)

BATANG, AYOBATANG.COM -- Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-21, SMP Negeri 8 Batang dimeriahkan bazar murah, khatmil Qur'an 30 juz dan lomba kebersihan.

Bazar menyediakan sembilan bahan pokok ( sembako), pakaian baru dan pakaian pantas pakai.

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Bupati Batang Suyono, Selasa (6/1/2020). Usai membuka acara, Suyono juga menyumbang beberapa baju pantas pakainya untuk ikut dalam bazar.

"Saya biasa memberikan baju atau entah apa kepada orang yang membutuhkan, bahkan kalo orang yang datang ke rumah bisa memilih sendiri," kata Suyono.

Bazar tersebut,  menurut Suyono, juga bagian dari edukasi kepada siswa untuk belajar menjadi enterprenuer atau bisnis setelah lulus dari bangku pendidikan.

Edukasi semacam ini sangat luar biasa, bagaimana guru mengajarkan setelah keluar sekolah nanti anak bisa menciptakan lapangan kerja sendiri dengan bakat dan kemampuan masing-masing.

''Ulang tahun ke 21 harus dijadikan muhazabah untuk introspeksi atau koreksi karena kita sebagai pendidik, usahakan agar anak didik menjadi orang yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa,''ujar Suyono.

Ia juga memnta agar guru mendidik anak di luar kurikulum sekolah dengan mencari referensi untuk mengedukasi. Ini karena sukses tidak mutlak dari kurikulum tapi juga dari edukasi tambahan sebagai nilai plus bagi siswa.

"Indek Pembangunan Manusia ( IPM) kita masih rendah, sehingga kita harus ada kerja keras bersama terutama pendidik untuk meningkatkan SDM generasi penerus untuk menggantikan sebagai pemimpin bangsa,"jelasnya.

Suyono juga meminta kepada siswa SMPN 8 agar tidak terkontaminasi informasi teknologi smartphone, gunakan handphone android untu mencari informasi yang bermanfaat.

"Gunakan HP dengan sebaik mungkin untuk kemanfaatan dalam mendukung eferensi dalam belajar," ujarnya. 

Tidak hanya itu, Suyono meminta siswa agar tidak terkontaminasi narkoba, karena memiliki dampak luar biasa bagi generasi bangsa, tidak hanya menghancurkan masa depan tetapi juga bisa herdampak pada free seks, kematian HIV dan Aids serta tindakan kriminal.

"Tugas siswa adalah belajar, maka hindari narkoba yang dapat merusak masa depan dan cita - citanya," jelasnya.

Kepala Sekolah SMPN 8 Batang M Santoso mengatakan perayaan kemeriahan HUT ke 21 berlangsung  selama tiga hari dimulai hari Jumaat, Sabtu dan Senin tanggal 3,4,6 Desember 2020.

"Hari Jumat diisi dengan khatam Qur'an 30 juz oleh 35 anak dilanjutkan dengan Jalan santai semua warga SMP, Sabtu lomba bola voli, lomba ceria gembira, lomba Mars SMPN 8, lomba kebersihan dan Seninnya resepsi dengan membuka baze murah," kata M Santoso.

Sesuai sejarah, SMPN 8 Batang berdasrakan SK Meneteri Pendidikan diterbitkan pada 5 Janurai 1999 lanjutnya, hingga sekarang sudah melewati 9 kepala sekolah.

"Jumlah siswa sebanyka 387 anak dengan tiga belas kelas, dengan jumlah guru 22 dan 16 orang lainya TU dan petugas krbersihan," kata Santoso.

Dalam kegiatan tersebut juga di serahkan bantuanan dari LazizMu kepada 26 siswa SMPN 8 Batang, dengan jumlah total bantuan mencapai Rp 4 juta berupa semperangkat tas sekolah, buku dan alat tulis sekolah. (Dwi Ariadi)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar