MPP Batang Segera Dilaunching, Bikin Paspor Tak Harus ke Pemalang

  Senin, 06 Januari 2020   Dwi Ariadi
Bupati Batang Wihaji mennjau persiapan launching Mal Pelayanan Publik, Senin(6/1/2020). (Ayobatang.com/Dwi Ariadi)

BATANG KOTA, AYOBATANG.COM -- Walau sempat berhenti, Mal Pelayanan Publik (MPP) Dinas Penanaman Modal Perizianan Satu Pintu (DPMPSP) Kabupaten Batang kini kembali membuka kepengurusan pembuatan surat izin dokumen perjalanan (paspor).

Bupati Batang, Wihaji menjelaskan, pemkab dalam waktu dekat ini akan melakukan melaunching MPP. Nantinya akan ada sedikitnya 28 pelayanan yang terintegrasi di MPP tersebut, salah satunya pembuatan paspor.

"Kantor Imigrasi Pemalang menyatakan telah siap untuk melayani pembuatan paspor, karena peralatan yang dibutuhkan sudah siap seluruhnya. Hal ini tentunya sangat membanggakan, karena membuat paspor kini tak perlu jauh-jauh ke Pemalang lagi," jelas Bupati Wihaji kata Wihaji meninjau persiapan launching MPP, Senin(6/1/2020).

Dikatakan, keberadaan MPP Batang sendiri diharapkan dapat meningkatkan dan mempercepat pelayanan pada masyarakat, termasuk dalam hal mengurus perizinan.

"MPP ini sebagai salah satu bentuk optimalisasi dalam pelayanan publik agar lebih cepat, mudah dan transparan," tandas Wihaji.

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Pemalang, Doni Alfiansyah mengatakan, memang pengurusan paspor pernah berjalan di MPP, namun karena ada perubahan sistem informasi keimigrasian maka agak berhenti.

''Sambil menunggu dilaunchingnya MPP kita sudah siapkan konfigurasi peralatan, sambil menunggu resmi dan dibukanya pelayanan. Perangkat lunak portabel seperti PC komputer, kamera yang berlisensi sudah ready semuanya tinggal dipasang saja," jelas Doni Alfiansyah.

Menurut dia, untuk sementara hanya pelayanan penerimaan, pemeriksaan berkas, foto, wawancara dan sidik jari. Untuk proses pencetakan paspor masih di Pemalang.

"Kita sudah kerjasama dengan PT Pos dan Giro, bagi pemohon yang sudah menyelesaikan bisa diantar melalui jasa tersebut," jelasnya

Doni Alfiansyah juga berharap kepada Pemkab Batang untuk mempersiapakan peralatan mesin cetak paspor, hal ini untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan paspor. 

MPP Kabupaten Batang rencanaya akan segara dilaunching oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia dalam waktu dekat.(Dwi Ariadi)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar