Terlilit Utang, Pria Ini Nekat Bobol ATM

  Kamis, 09 Januari 2020   Abdul Arif
Wakapolrestabes Semarang, AKBP Enrico Silalahi saat kegiatan gelar di Mapolrestabes Semarang (Ayosemarang.com/Vedyana Ardyansah)

PEDURUNGAN, AYOBATANG.COM -- Jajaran Unit Resmob Polrestabes Semarang berhasil meringkus pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang berlokasi di Perumahan Plamongan Indah, Plamongansari, Pedurungan Kota Semarang.

Diketahui, Pelaku bernama Ariangga Teguh Prabowo (33) yang merupakan salah satu karyawan perusahaan teknisi ATM tersebut. 

AYO BACA : Diguyur Hujan, Perayaan Tahun Baru di Batang Tetap Semarak

Dalam aksinya, Ariangga telah merencanakan aksinya sejak Desember 2019 dengan mencuri kunci ATM terlebih dahulu.

Wakapolrestabes Semarang, AKBP Enrico Silalahi, mengatakan, pelaku melakukan aksinya pada 2 Januari lalu dengan cara mematikan listrik di ATM sehingga seolah sedang proses maintenance.

AYO BACA : Udinus Jadi Tuan Rumah Tes CPNS untuk 32.000 Peserta

Pihak perusahaan teknisi baru mengetahui adanya kehilangan tanggal 6 Januari 2020 kemudian dilakukan pelaporan ke polisi. Hari berikutnya tanggal 7 Januari 2020 polisi berhasil meringkus pelaku.

\"Pelaku menggunakan kunci tembak dan kunci dingdong dalam aksinya. Pelaku berhasil mengambil 3 kaset (kotak berisi uang) dari dalam ATM dengan Total uang yang dibawa sebanyak Rp707 jutaan,\" imbuhnya.

Uang sebanyak itu langsung digunakan pelaku untuk membeli mobil Honda Mobilio dan Honda Brio. Sedangkan kaset dari ATM, dibuang pelaku di Jalan Tol di sekitar Ungaran, Kabupaten Semarang.

\"Dalam pengakuan pelaku, motif kejahatannya  dilakukan karena dia juga terlilit utang sebesar Rp104 juta. Untuk sisa Rp379 juta dari RP707 juta,\" katanya.

Sementara itu, Ariangga mengaku uang hasil curiannya juga digunakan untuk foya-foya, dan sisanya akan ditabung. \"Kedua mobil saya beli seken. Terus bayar utang, karaoke, sisanya ditabung,\" ungkapnya.

AYO BACA : Apel Siaga Bencana Digelar, Berikut Peta Daerah Rawan di Batang

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar