Kemendikbud Instruksikan Disdikpora Tindak Tegas Guru Pelaku Pencabulan di Sleman

  Jumat, 10 Januari 2020   Abdul Arif
Staf Khusus Kemendikbud Iwan Syahril memberi keterangan pada wartawan di Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta, Jumat (10/1/2020). - (SUARA kontributor/Putu)

JAKARTA, AYOBATANG.COM-- Kemendikbud menginstruksikan agar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY mengambil tindakan tegas oknum guru, Sup (48). Guru SD di Sleman tersebut diduga melakukan pencabulan pada sejumlah siswanya. Kemendikbud menilai perbuatan itu mencoreng dunia pendidikan di Indonesia.

\"Tindakan yang tegas pada pelaku harus dilakukan kalau terbukti bersalah,\" ujar Staf Khusus Kemendikbud Iwan Syahril di Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta, Jumat (10/1/2020).

AYO BACA : MPP Batang Segera Dilaunching, Bikin Paspor Tak Harus ke Pemalang

Menurut Iwan, sekolah mestinya bisa menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi peserta didik untuk belajar, sedangkan tindakan bejat pelaku justru menyalahi norma sosial dan agama.

Karenanya, selain menyelidiki kasus tersebut, kata Iwan, tindakan pemulihan psikis korban maupun pendampingan dan bantuan hukum juga harus diperhatikan. Sebab, tindakan tersebut bisa menimbulkan trauma anak-anak yang mengalaminya.

AYO BACA : Puting Beliung Terjang Pantai Celong Batang, Lima Warung Hancur

Menurut Iwan, kasus tersebut juga bisa jadi bentuk kecolongan sekolah karena tidak bisa mengawasi perilaku tenaga pendidiknya.

\"Kasus ini bukan ujug-ujug terjadi. Sekolah perlu refleksi secara lebih luas karena kasus yang memprihatinkan ini bisa karena kecolongan,\" tandasnya.

Iwan menambahkan, ekosistem juga perlu dibangun antara keluarga, sekolah, dan lingkungan. Mereka harus bersama-sama saling berkomunikasi dan mengawasi serta mendampingi anak-anaknya dengan baik.

\"Kita perlu lihat masalah ini satu-satu untuk bisa mencegahnya],\" imbuhnya.

AYO BACA : Serentak, Polres Batang Tanam 2.100 Bibit Pohon di Pantai Muara Rejo

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar