Pemuda Jambu Galang Donasi untuk Adreena, Alhamdulillah Terkumpul Rp6,5 Juta

  Minggu, 12 Januari 2020   Abdul Arif
Pemuda yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Brongkol - Jambu (Kolbu) menggalang donasi

JAMBU, AYOBATANG.COM-- Pemuda yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Brongkol - Jambu (Kolbu) menggalang donasi "Kembalikan Senyum Adreena" di Jl Mohammad Zaen, atau jalan penghubung antara Desa Jambu dan Desa Brongkol, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Minggu (12/1/2020) pagi. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk Panggung Donasi menggandeng Orkes Keroncong Panca Irama dan Komunitas Kopi Peduli. 

Kegiatan itu untuk menggalang dana membantu biaya pengobatan Adreena Naira Kinanthi, 6 bulan, yang akan operasi transplantasi hati di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Anak kedua pasangan Joko Supriyadi dan Eni Ambarwati warga Jonggrangan RT 2 RW 7 Ngrapah Banyubiru itu masih dirawat di RS Kariadi Semarang.

Menurut salah satu Pegiat Komunitas Kolbu, Muhammad Syukron, saluran empedu Adreena tertutup. Dalam dunia medis disebut Atresia Bilier. Perawatan antibiotik paska operasi kasai, saat ini masih dilakukan tim dokter. Menurut tim dokter, organ hati Adreena dalam kondisi sirosis atau bahasa kedokteran disebut sebagai rusaknya organ hati akibat terbentuknya jaringan parut.

AYO BACA : MPP Batang Segera Dilaunching, Bikin Paspor Tak Harus ke Pemalang

"Tim dokter menyarankan agar Adreena menjalani transplantasi hati atau prosedur medis yang digunakan untuk menggantikan hati Adreena yang gagal dengan hati yang baru dan sehat dari orang lain yang disebut donor," katanya.

Untuk transplantasi hati, imbuhnya, akan dilakukan di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo Jakarya. Biayanya pun mencapai Rp1 miliar.

Tim Pegiat Pesona Brongkol Jambu, bersama komunitas lain pun menggelar penggalangan dana melalui konser keroncong, pembacaan puisi, dan pembagian kopi gratis kepada para donatur yang berkunjung di obyek wisata Kolbu. Dari aksi itu, terkumpul donasi sebanyak Rp 6.551.500 dan langsung diserahkan kepada David, perwakilan keluarga Adreena yang hadir.

AYO BACA : Kemendikbud Instruksikan Disdikpora Tindak Tegas Guru Pelaku Pencabulan di Sleman

"Aksi ini untuk mengetuk hati masyarakat semua untuk membantu Adreena agar segera mendapatkan penanganan medis dan kembali bisa tersenyum, tertawa, melucu, sebagai mana anak-anak lain seusianya. Pemprov Jateng, Pak Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga akan membantu proses medis Adreena," jelasnya.

Sebagaimana disampaikan ayahanda Adreena, Joko Supriyadi. Gubernur Ganjar Pranowo menyampaikan kepadanya jika Pemprov Jateng akan membantu biaya transport dan keluarga yangbakan menunggui Adreena selama dioperasi di RSCM Jakarta.

"Ooo njih Pak. Dari pihak Pemoriv akan ikut membantu. Semoga bisa meringankan keluarga," kata Ganjar kepada Joko.

Bahkan, imbuh Joko, Dinas Kesehatan Jateng juga sudah menjenguk Adreena dan berkoordinasi dengan pihak RS Kariadi Semarang untuk rencana transplantasi hati.

AYO BACA : Udinus Jadi Tuan Rumah Tes CPNS untuk 32.000 Peserta

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar