Wabup Batang Suyono Resmikan Ipal Komunal di Subah

  Minggu, 12 Januari 2020   Dwi Ariadi
Wakil Bupati Batang Suyono meresmikan instalasi pengolahan limbah (ipal) komunal perpipaan sanitasi Kali Banar Desa/Kecamaatan Subah, Minggu (12/1/2020). (Ayobatang.com/Dwi Ariadi)

SUBAH, AYOBATANG.COM-- Wakil Bupati Batang Suyono meresmikan instalasi pengolahan limbah (ipal) komunal perpipaan sanitasi Kali Banar Desa/Kecamaatan Subah. Minggu (12/1/2020).

Nampak hadir dalam acara peresmian tersebut, selain Suyono, nampak hadir Wakil ketua DPRD Nur Faizin, Camat Subah Wahyu, Perwakilan DPRKP dan Kepala Desa Subah Isriyanto.
Menurut  Suyono, ipal komunal merupakan ikhtiar  bersama untuk meningkatkan kesehatan di masyarakat.

"Ipal Komunal ini sangat penting keberadannya bagi masyarakat terutama untuk wilayah yang padat penduduk, jika tidak ada ipal komunal di lingkungan masyarakat banyak sekali terjadi  rentetan penyakit. Ipal komunal ini sebagai penampung limbah warga," jelasnya.

Dikatakan, saat ini rumah mulai padat dan bahkan tidak ada jarak lagi, bila masing-masing rumah membuat sumur dan pembuangan wc maka air sumur tidak lagi bisa dikatakan sehat karena jaraknya yang berdekatan.
Air dari sumur yang kita gunakan sehari-hari dapat tercemar bakteri yang berasal dari tampungan WC sehingga keberadaan ipal komunal hukumya wajib.

Selain itu ipal komunal merupakan solusi mengatasi dampak akibat banyaknya jumlah penduduk.

"Jangan sampai orang membuang limbah rumah tangga baik limbah padat maupun cair ke sungai, selain dapat mencemari aliran sungai juga dapat membuat kumuh bahkan penyebab terjadinya banjir" tegas Suyono.

Ia juga menambahkan, Program Kesehatan menjadi prioritas utama Pemkab Batang terlebih saat ini pemkab sedang berusaha menekan angka stunting di Kabupaten Batang.

"Saya berharap ibu-ibu PKK yang hadir pada acara ini dapat membantu Pemkab dengan memberikan sosialisasi kepada warga terkait pentingnya menjaga kesehatan, memuhi kebutuhan gizi harian, juga jangan membuang sampah disembarang tempat," tutupnya.

Pelaksana tugas Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Ahmad Rejo mengatakan, pembangunan Ipal Komunal ini merupakan program sanitasi masyarakat yang didukung oleh DPRKP kabupaten Batang. Pembangunan Ipal Komunal ini dapat menampung sekitar 100 Kepala Keluarga.

"Allhamdulilah masyarakat secara sukarela dan swadaya ikut dalam pembangunan ipal komunal ini dan telah sadar untuk meningkatkan kesehatan," ujarnya.

Pembangunan ini, lanjutnya sebagai upaya mendukung program Pemkab terkait jambanisasi. "Kami juga menargedkan pada 2020 ini warga desa subah sudah terbebas dari ODF."

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar