Siaga Bencana, 15 Camat di Batang Dibekali Alat Komunikasi HT

  Selasa, 28 Januari 2020   Dwi Ariadi
Bupati Batang Wihaji menyerahkan peralatan HT ke 15 Kecamatan, Rabu (28/1/2020).

BATANG, AYOBATANG.COM-- Para camat di Kabupaten Batang dibekali sarana komunikasi Handy Talky (HT) untuk mengantisipasi bencana.

\"Alat komunikasi dapat dipergunakan saat situasi bencana. Dengan Handy Talky, bisa komunikasi langsung termonitor dengan cepat walau di tempat yang berbeda atau berjauhan,” kata Bupati Batang Wihaji saat menyerahkan peralatan HT kepada 15 Kecamatan, Selasa ( 28/1/2020).

Menurut Wihaji, alat komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam penyampaian informasi bencana.

\"Menjelang dan sesaat setelah bencana terjadi atau saat siaga bencana dan pascabencana besar terjadi, dibutuhkan alat komunikasi yang handal dan cepat disamping pelibatan berbagai pihak yang dimulai sejak dini,\" kata Wihaji.

AYO BACA : Islamic Center Dibangun di Banyuputih, Ini Pertimbangan Bupati Wihaji

Ia juga menegaskan bahwa kegagalan komunikasi bisa berdampak buruk dengan jatuhnya korban jiwa dan kerugian material.

\"Hal ini sangat penting mengirimkan informasi dan data-data yang didapat di lokasi bencana untuk mendapatkan bantuan yang dibutuhkan,\" kata Wihaji.

Hal ini, lanjut Wihaji, terjadi dan terbukti pada saat banjir malam Minggu 25 Januari 2020 koordinasi cepat antara bupati - camat - BPBD - humas dan protokol dalam antisipasi bisa dilakukan dengan maksimal.

Bupati mengapresiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Batang yang telah menganggarkan pengadaan alat komunikasi yang dianggap cepat tanggap dalam menangani bencana.

AYO BACA : Warga Keluhkan Tebing Sungai Rengas Batang Rusak, Wabup Suyono Cek Lokasi

Ia berharap, dengan diberikan alat komunikasi dapat cepat tanggap dalam menangani bencana, karena tidak semua berkomunikasi menggunakan Hanphone langsung terkirim pesannya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Batang Jamal Abdul Naser mengatakan, pengadaan peralatan Handy Talky dilakukan pada tahun  2019  sebanyak 20 unit, namun diserahkan kali ini diantaranya untuk 15 Camat, BPBD, Damkar dan Satpol.

\"Alat  komunikasi ini untuk mempercepat dan efisien komunikasi wilayah kecamatan dan pimpinan di kabupaten, khususnya kesiagaan menghadapi bencna yang mungkin terjadi,\" jelas Jamal Abdul Naser.

Sementara, Kepala BPBD Kabupaten Batang Ulul Azmi mengatakan, walaupun alat komunikasi sekarang banyak seperti smartphone. Tapi HT tak kalah pentingnya dalam suasana urgen/genting untuk kemudahan konektivitas, koordinasi antarelemen terkait sangat dibutuhkan, termasuk layanan informasi faktual terkini guna memberikan kepastian suasana, meredam rasa panik warga sehingga memperlancar langkah-langkah pertolongan darurat hingga penanganan bencana.

\"Berbekal rangkaian alat komunikasi sederhana HT (Handy Talkie), sehingga dalam suasana sebelum dan sesudah  bencana bisa terus dilaporkan, dan fakta dilapangan Ht sangat berkontribusi besar,\" jelas Ulul Azmi.

AYO BACA : RSUD Kardinah Tegal Siapkan 3 Ruang Isolasi Tangani Pasien Terinfeksi Virus Corona

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar