Waspadai Virus Korona, Wihaji Perintahkan Dinkes Cek Kesehatan Tenaga Kerja Asing

  Jumat, 07 Februari 2020   Dwi Ariadi
Bupati Batang Wihaji (dok)

BATANG KOTA, AYOBATANG.COM-- Bupati Wihaji meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) mengecek kesehatan tenaga kerja asing (TKA) yang berada di Kabupaten Batang. Pasalnya, mereka jumlahnya cukup banyak, ada yang bekerja di PLTU 2x1.000 MW, ada pula yang bekerja di perusahaan PMA asing lainnya.

Hal tersebut manjadi kekawatiran Bupati Batang Wihaji terhadap virus korona yang disinyalir berasal dari Kota Wuhan Tiongkok.

AYO BACA : Bendung Glasing Jebol Ancam Ratusan Hektare Sawah

\"Saya sudah perintahkan kepala Dinas Kesehatan untuk perintahkan dokter cek dan kroscek tenaga asing yang ada di PLTU dan perusahaan lainnya,\" perintah Wihaji, Jumat (7/2/2020).

Menurut kroscek tersebut sebagai langkah antisipasi Pemkab Batang tetap welcome terhadap TKA  tetapi memastikan virus yang mematikan tidak menyebar di Kabupaten Batang.

AYO BACA : Rebranding Pagilaran, Batang Targetkan 3 Juta Wisatawan

\"Kewajiban kita antisipasi dan memastikan Kabupaten Batang Tidak ada virus korona, seandainya ada kita antisipasi cepat untuk mencari solusi,\" ungkap Wihaji.

Bupati juga menjelaskan, karena tahun baru imlek keramaian banyak tenaga kerja asal Negara Tiongkok mudik ke asal negaranya.

\"Oleh karena itu, kita harus cek TKI secara benar-benar, walaupun penerbangan untuk saat ini masih. Kalaupun ditemukan antisipasinya RSUD harus menyiapkan ruang isolasi kalau tidak mampu kita rujuk ke Semarang,\" katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan dr Hidayah Basbeth saat dikonfirmasi sebelumnya, Selasa (28/1/2020) lalu mengatakan, sampai saat ini di Batang belum ditemukan adanya masyarakat yang terjangkit Virus korona.

Namun demikian, kata dia, masyarakat tetap harus waspada dan menunda untuk bepergian ke luar negeri terutama ke negara yang sudah ditemui penyebaran kasus Virus Korona.
 
\"Alhamdulillah sampai saat ini belum ditemukan di Batang Tapi kami ini sedang siaga.
Kami imbau kepada masyarakat sebaiknya sementara ini untuk tidak bepergian ke daerah yang terjangkit virus korona, seperti di Tiongkok,\" tuturnya.

AYO BACA : Peserta Jelajah Alam Brebes Tanam 1.000 Bibit Pohon di Hutan

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar