Perayaan Cap Go Meh di Limpung Pererat Kebersamaan

  Minggu, 09 Februari 2020   Dwi Ariadi
Perayaan Cap Go Meh 257 yang berlangsung di Aula Yess Steak and Resto Limpung, Sabtu (8/3/2020) malam.

LIMPUNG, AYOBATANG.COM - Warga keturunan Tionghoa di Kecamatan Limpung Batang merayakan Cap Go Meh 257 yang berlangsung di Aula Yess Steak and Resto Limpung, Sabtu (8/3/2020) malam.

Perayaan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Suyono, Kapolres AKBP Abdul Waras, dan Forkopincam Limpung.

Dalam sambutannya, Suyono menekankan pentingnya menjunjung rasa persatuan dan kebersamaan di tengah-tengah perbedaan untuk membangun Bangsa yang bermartabat.

\"Lebih dari 724 suku di Indonesia berjuang, bekerja keras mengorbankan nyawanya demi kemerdekaan bangsa dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan dan saling toleransi,\" kata Suyono.

AYO BACA : Tolak Galian C, Ratusan Warga Demo di Balai Desa Pujut

Perayaan Cap Go Meh di Kecamatan Limpung sudah kali kedua, bahkan di kabupaten Batang. Tradisi imlek sudah diperingati sejak 2571 tahun lamanya, maka untuk itu harus terus dijaga dan dilestarikan para generasi muda.

\"Toleransi di Negara Indonesia sudah ada sejak dulu. Karena kita lahir dari keberagaman agama, ras dan suku. Intoleran bukan ajaran dan budaya kita untuk membangun bangsa yang besar,\" tegasnya.

Kapolres Batang, AKBP Abdul Waras mengatakan, perbedaan adalah karunia Allah SWT yang diberikan pada bangsa Indonesia. 

\"Kita gelorakan untuk saling menghargai, menghormati, bekerja sama sebagai anak bangsa, bukan saling menjelekkan bahkan mengkafir-kafirkan,\" Kata AKBP Abduk Waras.

AYO BACA : Waspadai Virus Korona, Wihaji Perintahkan Dinkes Cek Kesehatan Tenaga Kerja Asing

Lanjut Kapolres, Nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan pada umatnya untuk hidup rukun, saling berdampingan dan menjungjun tinggi kedamaian.

\"Islam tidak mengajarkan kekerasan, kalau ada kekarasan dalam ajaranya maka bisadipertanyakan ke Islamanya, karena menyimpang ajaran Nabi Mumahmmad SAW,\" tegas Kapolres.

Bangsa Indonesia masyarakatnya  majemuk dan selalu menjungjung tinggi, menghargai setiap perbedaan menjadi bingkai persatuan dan kesatuan.

Sementara Panitia Perayaan Cap Go Meh 2571 Edi Sansoto mengatakan, tahun 2020 sesuai dengan penanggalan Tiongkok adalah shio tikus logam yang mempengaruhi satu tahun kedepan.

\"Tahun tikus logam memiliki arti penting seperti kecerdikan, pintar, dan pandai bergaul namun penuh kehati-hatiaan,\" paparnya.

Ia juga berharap tradisi suka cita bergembira diperayaan Cap Go Meh ini dapat dirasakan bersama oleh seluruh masyarakat Batang, tidak hanya warga keturunan Tionghoa.

AYO BACA : Rebranding Pagilaran, Batang Targetkan 3 Juta Wisatawan

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar