Gerakan Donor Darah Menuju Desa Sehat

  Selasa, 11 Februari 2020   Abdul Arif
Tim KKN Undip dan Karang taruna desa Clapar bekerja sama dengan PMI Batang mengadakan kegiatan sosial donor darah di kantor kepala desa Clapar, Subah, Batang, Jumat (07/2/2020).

AYOBATANG.COM-- Tim KKN Undip dan Karang taruna desa Clapar bekerja sama dengan PMI Batang mengadakan kegiatan sosial donor darah di kantor kepala desa Clapar, Subah, Batang, Jumat (07/2/2020). Kegiatan yag dilakukan dari pukul 13.30-16.00 WIB ini dilakukan dalam rangka memenuhi stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

AYO BACA : 1x24 Jam, Polres Batang Ungkap Kasus Pencurian Ban Mobil

PMI Batang dibantu Tim I KKN Undip bersama Karangtaruna Desa Clapar mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya sebagai upaya meningkatkan rasa solidaritas untuk sesama.

AYO BACA : Batang Kini Punya Tarian Sigandu, Jadi Ikon Seni Budaya Baru

“Donor darah merupakan kegiatan yang membuat tubuh menjadi lebih sehat,” kata Tadin, ketua Karangtaruna desa Clapar.

Sebelum transfusi darah, pendonor dicek terlebih dahulu mulai dari kondisi kesehatan, berat badan, Hemoglobin (Hb), tekanan darah, serta golongan darah. Jika memenuhi semua kriteria tersebut maka dapat dilakukan transfusi. Dari 24 orang calon pendonor, berhasil dikumpulkan 21 kantong darah yang selanjutnya akan dikirim ke PMI Kabupaten Batang. 

Program donor darah ini diharapkan dapat berjalan terus kedepannya di desa Clapar setiap per empat bulan sekali, sebagai upaya untuk menjadikan donor darah bukan lagi sebuah kegiatan sosial tapi menjadi bagian dari gerakan perilaku masyarakat desa Clapar hidup sehat untuk menuju desa sehat.

AYO BACA : Waspadai Virus Korona, Wihaji Perintahkan Dinkes Cek Kesehatan Tenaga Kerja Asing

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar