Fraksi PDI Perjuangan Pertanyakan Lokasi Islamic Center, Ini Jawaban Bupati

  Senin, 14 September 2020   Muslihun
Bupati Batang Wihaji. (dok)

BATANG, AYOBATANG.COM- Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mempertanyakan lokasi Islamic Center yang berada di pangkalan truk Banyuputih. Hal itu disampaikan juru bicara Fraksi PDI Perjuangan DPRD Batang, Junedi dalam pandangan umum fraksi minggu lalu.

Pembangunan Islamic Center rencananya menggunakan APBD 2021.

Menurut Junedi, fraksinya menyayangkan pangkalan truk yang bakal jadi lokasi merupakan salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi parkir. 

AYO BACA : Anggaran Islamic Center Batang Rp43,5 Miliar, 2022 Bisa untuk Manasik Haji

Fraksi PDI P menyarankan supaya tidak berada di pangkalan truk tersebut dan mencari lokasi yang lebih tepat. 

Bupati Batang Wihaji dalam sidang Paripurna Jawaban Bupati, Senin (14/9) mengatakan lokasi pembangunan Islamic Center sudah dikaji sejak awal 2019.

"Dari hasil Feasibility Study (FS) mengacu pada pertimbangan sosiologis dan ekonomis. Sehingga ditetapkan di Dukuh Petamanan Desa Banyuputih Kacamatan Banyuputih," ungkapnya.
 
Bupati menjelaskan, keberadaan pangkalan truk di Banyuptuih sejak dibangunnya jalan tol, PAD yang didapat dari retribusi parkir sudah mengalami penurunan. Sehingga diputuskanlah lokasi tersebut agar punya nilai manfaat yang lebih bagi kemaslahatan umat. 

AYO BACA : Islamic Center Dibangun di Banyuputih, Ini Pertimbangan Bupati Wihaji

Terpisah Anggota DPRD dari Fraksi Nasdem H Muafi dari dapil 3 yang meliputi Kecamatan Gringsing, Limpung, Banyuputih dan Tersono sangat mendukung lokasi Islamic Center berada di Banyuputih sebagai perluasan kota. 

"Islamic center sangat bagus di Banyuputih, karena sangat diharapkan masyarakat setempat," kata Muafi. 

Ia pun beralasan, dengan Islamic center di Banyuputih berarti ada pemerataan pembangunan infrasyruktur yang tentunya dapat mengurangi kesenjangan antarwilayah. 

"Apalagi dilokasi Islamic Center yang akan dibangun ada kegiatan yang tidak baik. Oleh karena itu Islamic Center diharapkan mengubahnya agar ada kegiatan yang lebih bermanfaat bagi masyarakat," ungkapnya.

Tidak hanya itu, di empat Kecamatan Gringsing, Banyuputih, Limpung dan Tersono akan menambah geliat ekonomi baru di samping sebagai pusat kegiatan keagamaan di Kabupaten Batang.
 
"Inilah harapan masyarakat daerah pemilihan 3 Batang yang sangat menginginkan menjadi pusat kegiatan keagamaan," pungkasnya.

AYO BACA : Dapat Sentilan Bupati, Razia Satpol PP Batang Amankan 20 Anak Punk

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar