Didukung Orang Tua Murid, SDN Kauman 07 Raih Adiwiyata Provinsi

  Rabu, 16 September 2020   Muslihun
SDN Kauman 07 menunjukkan piagam penghargaan Adiwiyata Provinsi yang diberikan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jateng

BATANG, AYOBATANG.COM -- Peran dan dukungan orang tua murid menghantarkan SDN Kauman 07 Batang memperoleh predikat Adiwiyata Provinsi dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Jateng. 

Pengumuman Penghargaan tersenut disampaikan melalui Channel YouTube DLHK Prov Jateng, Selasa (8/9/2020). 

Kepala SDN Kauman 07, Anung Margono SPd MSi menjelaskan, keberhasilan ini sebagai apresiasi sekolahnya dalam menjaga lingkungan sekitar, yang sebelumnya pihak sekolah membentuk Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). 

Dari hal itu tumbuh komitmen orang, bahkan para orang tua murud juga terjun langsung dalam kegiatan penanaman dan bersih-bersih rutin lingkungan sekolah.. 

"Terlepas ada kegiatan untuk Adiwiyata atau tidak, dalam kesehariannya kami berupaya untuk menanamkan kepedulian terhadap lingkungan kepada siswa. Karena kami pun sudah memiliki tim PBLHS dimana juga memiliki peranan untuk membentuk karakter anak yang juga berbudaya untuk lebih peduli pada lingkungan," jelas Anung didampingi Ketua Tim PBLHS, Casodo SPd SD saat diwawancarai, Rabu (16/9/2020). 

Tim PBLHS juga memiliki beberapa agenda rutin. Seperti perawatan dan penanaman rutin, penghijauan lingkungan sekolah, pemanfaatan limbah menjadi benda yang bermanfaat dan lainnya. 

"Kami libatkan seluruh elemen, tak hanya siswa, guru, tendik, tapi juga komite sekolah, orang tua dan masyarakat. Karena tujuan kami menjadi sekolah Adiwiyata tak hanya untuk lomba saja. Tetapi lebih ke pembentukan karakter siswa yang peduli dan berbudaya lingkungan," imbuh Anung.

Anung menambahkan, keberhasilan ini juga diraih berkat dukungan dari Disdikbud dan DLH Kabupaten Batang. Pasalnya kedua dinas terus melakukan pembinaan dan pendampingan selama menuju program Adiwiyata Provinsi.

Dengan prestasi Adiwiyata Provinsi ini pihaknya ke depannya akan maju ke tingkat nasional. Sembari menunggu informasi pelaksanaan nasional, pihaknya tetap melaksanakan program PBLHS secara rutin dengan menggandeng seluruh elemen. 

"Tentunya kami juga bersemangat untuk maju ke tingkat nasional. Namun karena di tengah pandemi ini jadwal untuk tingkat nasional sendiri belum ada kejelasan. Sehingga kami tetap menjalankan program rutin kami, karena sifatnya tidak hanya untuk lomba, tetapi lebih ke menanamkan karakter anak yang lebih peduli lingkungan. Harapannya tak hanya di sekolah tapi bisa juga di lingkungan sekitar mereka," pungkasnya.

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar